RPPH TK/PAUD TERLENGKAP

RPPH TK/PAUD

untuk mencapai,tujuan dan mempermudah  pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru harus mempersiapkan rencana pembelajaran yang efektif dan mudah di pahami.
oleh sebab itu seorang guru harus kreatif dalam mempersiapkan sesuatunya sebelum kegiatan pembelajaran di mulai,baik dari RPPHnya,alat peraga yang di butuhkan,srta alokasi waktu yang tepat,berikut ini penulis akan memberi contoh mengenai cara cara membuat RPPH TK/KB/RA yang baik dan benar sesuai dengan kurikulum 13.


CONTOH RPPH PAUD KELAS B SEMESTER SATU (GANJIL)


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 1 / 1
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas Diri (Nama )
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3 – 3.12- 4.12
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Fungsi identitas diri
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu nama,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon
Karakter                                      :  Religius, Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Menyanyi lagu Aku
3.       Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.       Mengamati seorang anak
5.       Berdiskusi tentang identitas anak yang ada di depan
6.       Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.       Mewarnai gambar anak laki-laki / perempuan
2.       Menghitung  teman yang laki-laki dan yang perempuan lalu ditulis sesuai angka
3.       Meniru menulis namanya sendiri sesuai kartu nama
4.       Menggambar bebas dengan krayon
C.RECALLING:
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.       Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.       Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.       Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.       Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.       Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Mensyukuri  bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan   ketrampilan
a.       Menunjukkan  diri anak
b.       Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c.        Dapat menyayangi dirinya sendiri
d.       Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e.       Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.         Dapat menggambar anak sesuai jenis kelamin
g.       Dapat meniru menulis namanya sendiri 
                  

                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok

                                                                                                                                                        


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...................................................
 

Semester/Minggu ke /Hari Ke :   I / 1 / 2
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………….
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10 -4.310– 3.12- 4.12
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Menjaga kebersihan diri
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Identitas diri dengan lengkap
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu kata,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon, Plastisin
Karakter                                      : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.     Menyanyi lagu Aku
3.     Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.     Mengamati seorang anak
5.     Berdiskusi tentang ciri-ciri anak yang ada di depan
6.     Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7.     Berdiskusi cara mengurus diri sendiri
8.     Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.       Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelamin
2.       Memberi tanda pada gambar perbedaan anak laki-laki dan perempuan
3.       Membuat bentuk orang dengan plastisin
4.       Menebali suku kata awal sama dari nama temannya
C. RECALLING:
1.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
       5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.       Pengetahuan dan   ketrampilan
1.       Menunjukkan  diri anak
2.       Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3.       Dapat membedakan anak laki-laki dan anak perempuan
4.       Dapat membentuk dengan plstisin
5.       Dapat menebali suku kata awal sama dari nama temanya
6.       Dapat mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin
7.       Dapat meniru menulis nama temannya                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok

                                                                                
                                                   


                                          RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 

Semester/Minggu ke /Hari ke :   I / 1 / 3
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12- 4.12 – 3.14 -4.13.
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Memberi dan membalas salam
-          Fungsi identitas diri
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Gambar
                                                   -   Gunting
                                                   -   Pensil
Karakter                                      :  Peduli Sosial, Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.   Penerapan SOP pembukaan
2.   Menyanyi lagu mandi
3.     Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.     Berdiskusi tentang menjaga kebersihan dirii
5.     Berdiskusi memberi dan membalas salam
6.     Berdiskusi tentang hobyku
7.     Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
1.       Bercerita tentang cara mengurus diri sendiri
2.       Menggunting gambar mainan kesukaan
3.       Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4.       Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik
C. RECALLING:
1.     Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.     Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.     Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.     Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.     Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
b.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
c.        Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
1.       Berani tampil di depan temannya
2.       Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3.       Dapat memberi dan membalas salam yang baik
4.       Dapat menggunting gambar dengan rapi
5.       Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
6.       Dapat membuat urutan bilangan dengan benar
                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok

                                                                                          
                                                                    
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 

Semester/Minggu ke/ Hari ke :   I / 1 / 4
Hari /tgl                                        :   ………………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :     Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Kue ulang tahun kecil
                                                   -  Pensil,buku tulis
                                                   -  Benda-benda
Karakter                                      : Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.       Penerapan SOP pembukaan
2.       Menyanyi lagu ulang tahun
3.       Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.       Berdiskusi tentang identitas anak dengan lengkap (usia anak)
5.       Berdiskusi memberi dan membalas salam
6.       Berdiskusi tentang hobyku
7.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
  1.   Menghiasi kue ulang tahun
2.       Bercerita tentang kata ganti aku
3.       Memasangkan gambar sesuai pasangannya
4.       Menulis angka sesuai usia anak
C. RECALLING:
5.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
6.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
7.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
8.         Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
9.         Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
1.       Berani tampil di depan temannya
2.       Menyebutkan usia anak
3.       Dapat memberi dan mambalas salam
4.       Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
5.       Dapat menghiasi kue ulang tahun
6.       Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri
                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok

                                                                                           
                                                                    

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ..........................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 1 / 5
Hari /tgl                                        :   ………………………………………………………………………
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas diri (alamat)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Hobyku
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Pensil, kertas, gunting
                                                   -  Buku gambar
                                                   -  Kursi
Karakter                                      :  Peduli Sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
        1.    Penerapan SOP pembukaan
        2.    Menyanyi lagu ..........
        3.    Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
        4.    Berdiskusi tentang identitas anak (alamat rumah)
        5.    Berdiskusi memberi dan membalas salam
5.       Berdiskusi tentang hobyku
6.       Melompat dari kursi
7.       Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.       Membuat coretan bentuk  jalan dari rumah menuju ke sekolah
2.       Menyebutkan alamat rumah di depan temannya
3.       Mengelompokkan huruf vokal dari alamat rumah anak
4.       Membuat  kartu nama
C.RECALLING:
1.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.       Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.       Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.       Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.       Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.       Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
1.       Berani tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya
2.       Menyebutkan alamat rumah dengan lengkap
3.       Dapat menyebutkan huruf vokal
4.       Dapat membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah
5.       Dapat membuat bentuk papan nama alamat rumah
6.       Dapat melompat dari kursi
                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...........................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 1 / 6
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………………………………….
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku /Identitas diri (Nama ayah dan ibu)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi                                          :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu
-          Fungsi identitas diri
-          Pengenalan expresi wajah
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                           :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Pensil, kertas
                                                   -  Bola
Karakter                                      :  Jujur
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
 1.   Penerapan SOP pembukaan
 2.   Menyanyi lagu” Mama Papa”
3.       Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.       Berdiskusi tentang identitas anak ( nama ayah dan ibu)
5.       Berdiskusi tentang hoby
6.       Bermain sepak bola
7.        Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.    Bercerita tentang pengalaman anak
2.       Menulis panggilan nama ayah dan nama ibu
3.       Mengurutkan bilangan
4.       Membuat  hadiah untuk ibu (meronce kalung)
C. RECALLING:
a.       Merapikan alat-alat yang telah digunakan
b.       Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
c.        Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
d.         Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
e.         Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a.   Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b.   Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
a. Menulis nama panggilan ayah dan ibu
b. Menyanyi lagu mama dan papa
c. Menyebutkan identitas anak dengan lengkap
d. Dapat membuat hadiah untuk ibu (meronce kalung)
e. Dapat  mengurutkan bilangan
f.  Dapat  bermain sepak bola
                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok




RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 2 / 1
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………….
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku/Tubuhku (anggota tubuh)
KD                                                :  1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3– 3.12 -14.12.
Materi                                          :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi anggota tubuh
-          Menyanyi lagu
-          Anggota tubuhku
-          Nama-nama anggota tubuh

Kegiatan main                           :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Pensil, kertas
                                                   -  Bola
                                                   -  Kepingan geometri
Karakter                                      :  Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang anggota tubuh anak
5. Berdiskusi tentang membersihkan anggota tubuh
6. Berjalan di atas papan titian
  7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Menyebutkan anggota tubuh
2. Menulis nama-nama anggota tubuh
3. Mengurutkan bilangan dengan benda-benda
4. Menyusun  kepingan geometri menjadi bentuk orang
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a. Mensyukuri  bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan ketrampilan
a. Menyebutkan anggota tubuhnya
b. Menulis nama-nama anggota tubuh
c. Mengurutkan bilangan dengan benar
d. Membuat bentuk orang dengan kepingan geometri
e. Dapat berjalan di atas papan titian
                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok




RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 2 / 2
Hari /tgl                                        :   ……………………………………………….
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 -4.6– 3.10 -14.10.
Materi                                          :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan tubuh
-          Memberi dan membalas salam
-          Perbedaan tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-          Ciri-ciri tubuh

Kegiatan main                           :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Gambar anak dari ukuran kecil-besar
                                                   -  Kertas, pensil, krayon
Karakter                                      :  Menghargai Prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang ciri-ciri tubuh
5. Berjalan dengan satu kaki
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain.
B. INTI
1. Membedakan ukuran tubuh anak dengan temannya
2. Mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil -besar
3. Menggambar bentuk orang
4. Menirukan 2-3 urutan kata
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a. Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
a. Menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Membedakan ciri-ciri tubuh  dengan temannya
c. Menggambar bentuk orang dengan lengkap
d. Dapat mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
e. Dapat berjalan dengan satu kaki
f.  Menirukan 2-3 urutan kata dengan benar
                     



                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok




RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 

Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 2 / 3
Hari /tgl                                        :   ………………………………………………………….
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6– 3.11 -14.11.
Materi                                          :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan tubuh
-          Berani tampil di depan umum
-          Mau memberi dan memohon maaf
-          Kegunaan anggota tubuh
-          Pengenalan expresi wajah
Kegiatan main                           :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Gambar anak dari ukuran kecil-besar
                                                   -  Kertas, pensil, krayon
Karakter                                      : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3. Berdiskusi tentang cara membersihkan anggota tubuh (kuku)
4. Bertepuk tangan dengan pola
6. Berdiskusi tentang kegunaan anggota tubuh (tangan)
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Membersihkan / memotong kuku
2. Menghitung jumlah jari-jari tangan (menulis angka )
3. Menjiplak jari-jari tangan
4. Memberi tanda pada gambar anak yang mau memberi maaf & tidak
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a. Mensyukuri bahwa tubuhku  sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
a. Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Dapat membedakan ciri-ciri tubuh  dengan temannya
c. Dapat menjiplak jari – jari tangannya sendiri
d. Dapat membedakan perilaku benar dan salah
e. Dapat membersihkan kukunya sendiri

                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok





RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
 


Semester/Minggu ke/Hari ke  :   I / 2 / 4
Hari /tgl                                        :   …………………………………………………………..
Kelompok usia                           :   B
Tema/sub tema                         :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                                :  1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6– 3.11 -14.11.
Materi                                          :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Berani tampil di depan umum
-          Mengurus diri sendiri
-          Anggota tubuhku
-          Menyisir rambut

Kegiatan main                           :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                          :  -  Sisir
                                                   -  Kain perca, gambar pita
                                                   -  Urutan pola
Karakter                                      : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3. Berdiskusi tentang cara mengurus diri sendiri
4. Berdiskusi tentang cara menyisir rambutnya
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Menyisir rambutnya sendiri
2. Kolase gambar baju  dengan kain perca
3. Menghubungkan gambar dengan tulisan
4. Meneruskan  pola  : pita, sisir, bando
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5.    Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
      1.   Sikap
a. Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan   ketrampilan
a. Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b. Dapat  menyisir rambutnya sendiri
c. Dapat membuat gambar dengan tehnik kolase
d. Dapat meneruskan  pola sesuai gambar
e. Dapat menghubungkan gambar dengan tulisan

                     


                            Mengetahui,
                         Kepala Sekolah                                                                                       Guru Kelompok





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.