RPPH TK/PAUD
untuk mencapai,tujuan dan mempermudah pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru harus mempersiapkan rencana pembelajaran yang efektif dan mudah di pahami.
oleh sebab itu seorang guru harus kreatif dalam mempersiapkan sesuatunya sebelum kegiatan pembelajaran di mulai,baik dari RPPHnya,alat peraga yang di butuhkan,srta alokasi waktu yang tepat,berikut ini penulis akan memberi contoh mengenai cara cara membuat RPPH TK/KB/RA yang baik dan benar sesuai dengan kurikulum 13.
CONTOH RPPH PAUD KELAS B SEMESTER SATU (GANJIL)
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I / 1
/ 1
Hari /tgl : ……………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema : Diriku
/Identitas Diri (Nama )
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3
– 3.12- 4.12
Materi :
- Aku
ciptaan Tuhan
-
Menyayangi diri sendiri
-
Berani tampil di depan umum
-
Mengurus diri sendiri
-
Menyanyi lagu Aku
-
Fungsi identitas diri
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Kertas,kartu nama,pensil
-
Kertas gambar,krayon
Karakter : Religius, Mandiri
Proses
kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Mengamati seorang anak
5. Berdiskusi tentang identitas anak yang ada di depan
6. Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Mewarnai gambar anak laki-laki / perempuan
2.
Menghitung teman yang laki-laki dan yang perempuan lalu
ditulis sesuai angka
3.
Meniru menulis namanya sendiri sesuai
kartu nama
4. Menggambar bebas dengan krayon
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama
melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat
harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil
karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari
ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2. Pengetahuan dan
ketrampilan
a. Menunjukkan diri anak
b. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
c.
Dapat menyayangi dirinya sendiri
d. Dapat mewarnai gambar dengan rapi
e. Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin
f.
Dapat menggambar anak sesuai jenis
kelamin
g. Dapat meniru menulis namanya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...................................................
Semester/Minggu ke /Hari Ke : I / 1
/ 2
Hari /tgl : ……………………………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10
-4.310– 3.12- 4.12
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi diri sendiri
-
Menjaga kebersihan diri
-
Mengurus diri sendiri
-
Menyanyi lagu Aku
-
Identitas diri dengan lengkap
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Kertas,kartu kata,pensil
- Kertas gambar,krayon, Plastisin
Karakter : Tanggung
Jawab
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Menyanyi lagu Aku
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Mengamati seorang anak
5. Berdiskusi tentang ciri-ciri anak yang ada di depan
6. Berdiskusi cara menyayangi diri sendiri
7. Berdiskusi cara mengurus diri sendiri
8. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Mengelompokkan gambar anak sesuai jenis kelamin
2.
Memberi tanda pada gambar perbedaan
anak laki-laki dan perempuan
3.
Membuat bentuk orang dengan plastisin
4. Menebali suku kata awal sama dari nama temannya
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa aku
sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Menunjukkan diri anak
2. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3. Dapat membedakan anak laki-laki dan anak perempuan
4. Dapat membentuk dengan plstisin
5. Dapat menebali suku kata awal sama dari nama temanya
6. Dapat mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin
7. Dapat meniru menulis nama temannya
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke /Hari ke : I / 1
/ 3
Hari /tgl : ……………………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Identitas Diri (Mengurus diri sendiri)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.2 – 4.2 – 3.3 -4.3– 3.12-
4.12 – 3.14 -4.13.
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menjaga kebersihan diri
-
Berani tampil di depan umum
-
Memberi dan membalas salam
-
Fungsi identitas diri
-
Hobyku
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak laki-laki dan anak
perempuan
- Gambar
- Gunting
- Pensil
Karakter : Peduli Sosial, Kreatif
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Menyanyi lagu
mandi
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang menjaga kebersihan
dirii
5.
Berdiskusi memberi dan membalas salam
6.
Berdiskusi tentang hobyku
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Bercerita tentang cara mengurus diri sendiri
2. Menggunting gambar mainan kesukaan
3. Membuat urutan bilangan pada gambar mainan kesukaan
4. Membiasakan anak memberi dan membalas salam yang baik
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
b. Mensyukuri bahwa aku
sebagai ciptaan Tuhan
c.
Menggunakan kata sopan pada saat
bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Berani tampil di depan temannya
2. Menyebutkan identitas diri dengan lengkap
3. Dapat memberi dan membalas salam yang baik
4. Dapat menggunting gambar dengan rapi
5. Dapat menceritakan dan mengurutkan cara mandi yang benar
6. Dapat membuat urutan bilangan dengan benar
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke/ Hari ke : I / 1
/ 4
Hari /tgl : ………………………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12
-14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi diri sendiri
-
Berani tampil di depan umum
-
Fungsi identitas diri
-
Pengenalan expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Kue ulang tahun kecil
-
Pensil,buku tulis
- Benda-benda
Karakter : Toleransi
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu ulang tahun
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang identitas anak dengan lengkap (usia anak)
5. Berdiskusi memberi dan membalas salam
6. Berdiskusi tentang hobyku
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Menghiasi kue
ulang tahun
2. Bercerita tentang kata ganti aku
3.
Memasangkan gambar sesuai pasangannya
4. Menulis angka sesuai usia anak
C. RECALLING:
5. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
6. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
7. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
8.
Menceritakan dan menunjukkan hasil
karyanya
9.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa aku
sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Berani tampil di depan temannya
2. Menyebutkan usia anak
3. Dapat memberi dan mambalas salam
4. Dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
5. Dapat menghiasi kue ulang tahun
6. Dapat menulis angka sesuai usianya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ..........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
1 / 5
Hari /tgl : ………………………………………………………………………
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas diri (alamat)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11–
3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menjaga kebersihan diri
-
Berani tampil di depan umum
-
Fungsi identitas diri
-
Pengenalan expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Pensil, kertas, gunting
-
Buku gambar
- Kursi
Karakter : Peduli Sosial
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Menyanyi lagu ..........
3. Berdiskusi tentang aku
ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang identitas
anak (alamat rumah)
5. Berdiskusi memberi dan
membalas salam
5. Berdiskusi tentang hobyku
6.
Melompat dari kursi
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Membuat coretan bentuk
jalan dari rumah menuju ke sekolah
2. Menyebutkan alamat rumah di depan temannya
3. Mengelompokkan huruf vokal dari alamat rumah anak
4. Membuat kartu nama
C.RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan
bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa aku
sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
1. Berani tampil menyebutkan alamat rumahnya di depan temannya
2. Menyebutkan alamat rumah dengan lengkap
3. Dapat menyebutkan huruf vokal
4. Dapat membuat coretan jalan dari rumah menuju sekolah
5. Dapat membuat bentuk papan nama alamat rumah
6. Dapat melompat dari kursi
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK ...........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
1 / 6
Hari /tgl : ……………………………………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku /Identitas diri (Nama ayah dan ibu)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11–
3.12 -14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Mengurus diri sendiri
-
Menyanyi lagu
-
Fungsi identitas diri
-
Pengenalan expresi wajah
-
Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Pensil, kertas
- Bola
Karakter : Jujur
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu” Mama Papa”
3. Berdiskusi tentang aku ciptaan Tuhan
4. Berdiskusi tentang identitas anak ( nama ayah dan ibu)
5. Berdiskusi tentang hoby
6. Bermain sepak bola
7. Mengenalkan kegiatan
dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1. Bercerita tentang pengalaman anak
2. Menulis panggilan nama ayah dan nama ibu
3.
Mengurutkan bilangan
4. Membuat hadiah untuk
ibu (meronce kalung)
C. RECALLING:
a. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
b. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan
bermain
c.
Bila ada perilaku yang kurang tepat
harus didiskusikan bersama
d.
Menceritakan dan menunjukkan hasil
karyanya
e.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a. Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
b. Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
a.
Menulis nama panggilan ayah dan ibu
b.
Menyanyi lagu mama dan papa
c.
Menyebutkan identitas anak dengan lengkap
d.
Dapat membuat hadiah untuk ibu (meronce kalung)
e.
Dapat mengurutkan bilangan
f.
Dapat
bermain sepak bola
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
2 / 1
Hari /tgl : ……………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Tubuhku (anggota tubuh)
KD : 1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3– 3.12 -14.12.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi anggota tubuh
-
Menyanyi lagu
-
Anggota tubuhku
-
Nama-nama anggota tubuh
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Pensil, kertas
- Bola
- Kepingan geometri
Karakter : Tanggung Jawab
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu Aku
3.
Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang anggota tubuh anak
5.
Berdiskusi tentang membersihkan anggota tubuh
6.
Berjalan di atas papan titian
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.
Menyebutkan anggota tubuh
2.
Menulis nama-nama anggota tubuh
3.
Mengurutkan bilangan dengan benda-benda
4.
Menyusun kepingan geometri menjadi
bentuk orang
C.RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a.
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
a.
Menyebutkan anggota tubuhnya
b.
Menulis nama-nama anggota tubuh
c.
Mengurutkan bilangan dengan benar
d.
Membuat bentuk orang dengan kepingan geometri
e.
Dapat berjalan di atas papan titian
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN
(RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
2 / 2
Hari /tgl : ……………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 -4.6– 3.10
-14.10.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga kebersihan tubuh
-
Memberi dan membalas salam
-
Perbedaan tubuh anak(anak kecil &
orang dewasa)
-
Ciri-ciri tubuh
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak dari ukuran
kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Menghargai Prestasi
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2.
Menyanyi lagu Aku
3.
Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
4.
Berdiskusi tentang ciri-ciri tubuh
5.
Berjalan dengan satu kaki
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain.
B. INTI
1.
Membedakan ukuran tubuh anak dengan temannya
2.
Mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil -besar
3.
Menggambar bentuk orang
4.
Menirukan 2-3 urutan kata
C.RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a.
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
a.
Menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.
Membedakan ciri-ciri tubuh dengan
temannya
c.
Menggambar bentuk orang dengan lengkap
d.
Dapat mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
e.
Dapat berjalan dengan satu kaki
f.
Menirukan 2-3 urutan kata dengan benar
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
2 / 3
Hari /tgl : ………………………………………………………….
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga kebersihan tubuh
-
Berani tampil di depan umum
-
Mau memberi dan memohon maaf
-
Kegunaan anggota tubuh
-
Pengenalan expresi wajah
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan :
- Gambar anak dari ukuran
kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Disiplin
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara membersihkan anggota tubuh (kuku)
4.
Bertepuk tangan dengan pola
6.
Berdiskusi tentang kegunaan anggota tubuh (tangan)
5.
Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.
Membersihkan / memotong kuku
2.
Menghitung
jumlah jari-jari tangan (menulis angka )
3.
Menjiplak jari-jari tangan
4.
Memberi tanda pada gambar anak yang mau memberi maaf & tidak
C.RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a.
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
a.
Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.
Dapat membedakan ciri-ciri tubuh dengan
temannya
c.
Dapat menjiplak jari – jari tangannya sendiri
d.
Dapat membedakan perilaku benar dan salah
e.
Dapat membersihkan kukunya sendiri
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK .........................................................
Semester/Minggu ke/Hari ke : I /
2 / 4
Hari /tgl : …………………………………………………………..
Kelompok usia : B
Tema/sub tema :
Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Berani tampil di depan umum
-
Mengurus diri sendiri
-
Anggota tubuhku
-
Menyisir rambut
Kegiatan main :
Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan : - Sisir
- Kain perca, gambar pita
- Urutan pola
Karakter : Kreatif
Proses
kegiatan
A.
PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2.
Berdiskusi tentang tubuhku ciptaan Tuhan
3.
Berdiskusi tentang cara mengurus diri sendiri
4.
Berdiskusi tentang cara menyisir rambutnya
5.
Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
1.
Menyisir rambutnya sendiri
2.
Kolase gambar baju dengan kain perca
3.
Menghubungkan gambar dengan tulisan
4.
Meneruskan pola : pita, sisir, bando
C.RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besuk
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA
PENILAIAN
1. Sikap
a.
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
b.
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya
2.
Pengetahuan dan ketrampilan
a.
Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
b.
Dapat menyisir rambutnya sendiri
c.
Dapat membuat gambar dengan tehnik kolase
d.
Dapat meneruskan pola sesuai gambar
e.
Dapat menghubungkan gambar dengan tulisan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelompok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar