contoh proposal pengajuan bantuan pompa air terbaru dan terbaik

 contoh proposal pengajuan bantuan pompa air terbaru dan terbaik

proposal adalah surat atau alat untuk memdapatkan sesuatu dari dinas tertentu atau instansi tertentu,atau bisa juga di ajukan pada perorangan.
dalam membuat proposal tentu tidak asal asalan,jika anda akan membuat proposal tentunya anda harus menyiapkan bahan bahan yang akan anda tulis,

  1. apa yang akan anda minta di dalam pengajuan proposal tersebut
  2. latar belakang dari permohonan
  3. tujuan dari proposal
  4. manfaat dari sesuatu yang anda ajukan.
jika anda sudah mempersiapkan dari 4 hal di atas maka anda akan mudah dalam pembuatan propossl tersebut dan tentunya proposal anda akan akurat.

untuk mempermudah anda dalam pembuatan proposal pengajuan pompa air,di sini penulis memberikan contoh dalam pembuatan proposal tersebut yang sudah terbukti akurat,dan di setujui oleh dinas pertanian. 







PROPOSAL PERMOHONAN
BANTUAN POMPA AIR

 






















Diajukan Oleh :
Kelompok Tani JATI MULYA MAKMUR
Desa Banumas Kecamatan Buay Pemuka Peliung
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur



Sekretariat : Desa Banumas Kecamatan Buay Pemuka Peliung
Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur














KELOMPOK TANI
JATI MULYA MAKMUR
Sekretariat Desa Banumas Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Nomor             : 012    /KT-JMM BMS/V/2018                              Banumas, 04 Mei  2018
Lampiran         : 1 (satu) bendel
Perihal             : Permohonan Bantuan
                          Pompa Air
Kepada Yth,
Kepala Dinas Pertanian
Kab. Ogan Komering Ulu Timur
Di     
          Tempat
Dengan hormat,
Dalam rangka mendorong produktivitas hasil pertanian, diperlukan adanya kemauan dan niat baik semua pihak untuk memberikan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat banyak.
Berkaitan dengan hal tersebut keberadaan alat mesin pertanian untuk mendukung kinerja para petani sangat diharapkan untuk dapat segera diwujudkan. Melalui proposal ini kami warga masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani “Jati Mulya Mandiri”, Desa Banumas Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur mohon bantuan dari Kepala Dinas Pertanian Kab. Ogan Komering Ulu Timur
berupa pompa air guna menunjang usaha tani kami sekaligus mensukseskan program pemerintah berupa pengembangan peningkatan produksi beras nasional dan swasembada pangan.
Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas terkabulnya permohonan ini kami sampaikan terima kasih.

Ketua


…………………..

Kepala Desa Banumas


……………………
              
Sekretaris


………………………..

 PPL Pertanian


                      ……………………………..

Mengetahui,
Koordinator lapangan
Kecamatan Buay Pemuka Peliung


………………………………
NIP. …………………………

















KELOMPOK TANI
JATI MULYA MAKMUR
Sekretariat Desa Banumas Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur


A.LATAR BELAKANG
Desa Banumas merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Buay pemuka peliung, Kabupaten OKU Timur. Dengan topografi dataran tinggi. Desa Banumas memiliki potensi yang cukup besar dibidang pertanian. Hal ini didukung pula oleh sebagian besar masyarakatnya yang masih menggantungkan mata pencahariannya pada sector pertanian. Potensi pertanian desa banumas terdiri dari :
-          Sawah               :   45                Hektar
-          Tegalan             :   25.253         Hektar
-          Pekarangan       :   62.075         Hektar
Dari luasan sawah yang ada tersebut di atas, sebanyak 60 ha merupakan sawah yang dapat ditanami 2-3 kali dalam satu tahun .Sementara sisanya yaitu sekitar 42 ha praktis hanya ditanam 1 kali dalam setahun . Hal ini dikarenakan usaha tani sangat erat kaitannya dengan kesediaan air yang saat ini relatif terbatas padahal pengairan di Desa Banumas sebagian besar setengah tehnis.
Percepatan waktu tanam merupakan salah satu alternatif untuk dapat memanfaatkan ketersediaan air yang terbatas. Alat mesin pertanian , sebagai hasil teknologi yang dapat mempercepat atau memperlancar kegiatan di bidang pertanian dapat memberi manfaat banyak kepada petani, khususnya di Desa Banumas. Alsintan berupa pompa air dapat mempercepat ketersediaan air dari sumur bor yang ada di persawahan desa Banumas
Apabila penggunaan alsintan dalam usaha ini bisa diterapkan secara optimal maka potensi pertanian yang ada di Desa banumas dapat diperdayakan secara optimal pula. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani, khususnya di Desa ba
B.KONDISI SAAT INI
  1. Keterbatasan Air Yang Terbatas
Beberapa areal sawah di desa banumas masuk dalam wilayah dengan topografi dataran tinggi sehingga ketersediaan air teknis dari bendung irgasi tidak masuk di desa banumas. Hal ini mengakibatkan petani cukup kesulitan dalam mengairi sawahnya di musim sadonan, ketika hujan sudah tidak banyak lagi.


Dengan adanya sumur bor di Desa banumas sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh para petani, namun harus diangkut menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan). Namun sayangnya sumur yang ada  belum dimanfaatkan karena tidak adanya  pompa air yang dibutuhkan para petani.
C.KONDISI YANG DIHARAPKAN
Dengan adanya berbagai kondisi nyata sebagaimana yang diungkapkan di atas, maka Kelompok Tani jati mulya makmur berupaya memberdayakan dan memasyarakatkan penggunaan alsintan pompa air untuk dapat mengatasi kendala-kendala tersebut. Untuk itu Kelompok tani jati mulya makmur Kalicip Desa banumas bermaksud mengajukan bantuan pompa air dengan kapasitas mesin 8,5 PK. Jika hal ini bisa diwujudkan tentunya akan sangat membantu masyarakat petani di Desa Banumas dalam mensiasati keterbatasan air dan kekeringan yang selalu melanda setiap tahun untuk suaha taninya.
Apabila permohonan ini dikabulkan, maka pompa air tersebut akan digunakan untuk mengairi pertanian khususnya di desa banumas

A.  PENUTUP
Dengan adanya perhatian dari pemerintah berupa bantuan pompa air yang dibutuhkan oleh masyarakat petani desa banumas diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
Dengan semakin berkembangnya jumlah alsintan yang beroperasi di desa banumas, maka nantinya kehadiran bengkel alsintan menjadi penting. Hal ini sebenarnya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda tani yang memiliki keahlian di bidang pemesinan.











Dukungan semua pihak terutama pemerintah sangat diharapkan agar dapat lebih memberdayakan masyarakat petani utamanya dengan adanya peningkatan dan pemasyarakatan penggunaan alsintan yang muaranya adalah pendapatan dan kesejahteraan petani meningkat.


Ketua


…………………………..

Kepala Desa Banumas


…………………………..
             
Sekretaris


…………………………..

 PPL Pertanian


                      ……………………………….

Mengetahui,
Koordinator lapangan
Kecamatan Buay Pemuka Peliung


………………………………..
NIP………………………………

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.